«

»

Jun 12

Print this Post

Robot ubah wajah industri pertanian Australia

4748326-3x2-700x467_0

 

Para peneliti mengatakan teknologiakan mengubah industri pertanian, karena akan lebih mengandalkan tenaga robot.

Beberapa universitas, termasukUniversitas Queensland of Technology (UQT) di Australia ini sedang mengembangkan ’Agbots’atau ‘Agribots’ - robot yang dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan di industri pertanian.

Profesor Gordon Wyeth dari  UQT mengatakan telah mengembangkantraktor yang mampu beroperasi sendiri tanpa bantuan manusia danmampu membasmi gulma lebih cepat tanpa merusak tanah.

“Tetapi robot yang telah dikembangkan sejauh ini bukan berarti menggantikan pekerja manusia,” katanya.

“Teknologi ini hanya mengubah traktor yang biasanya berukuran besar menjadi kecil dan terdiri dari beberapaperalatan.”

“Jadi idenya adalah bukan sebuah traktor besar tetapi terdiri  dari 100 robot ringan yang mampu bergerak di permukaansawah.”

Proyek ini merupakan salah satu dari beberapa proyek lainnya yang sedang dikembangkan sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manual.

Saat ini, tenaga kerja manual di Australia dilakukan oleh pekerja musiman, yang kebanyakan berasal dari KepulauanPasifik di Australia di bawah Skema Percontohan Pekerja Musiman dari Pasifik.

Profesor Wyeth mengatakan penggunaan robot ini nantinya untuk memudahkan pekerjaan agar lebih efisien danmengurangi resiko.

“Salah satu masalah terbesar yang kita alami di industri sayur mayur dan buah-buahan adalah menemukan mereka yang mampu terlibat dari proses panen hingga dipasok ke toko-toko,” ujar Profesor Wyeth.

“Saat ini kita tidak memiliki cukup banyak orang untuk melakukan itu semua, benar-benar melelahkan secara fisik.”

Universitas di Queensland ini juga memperkirakan robot bisa menghemat hingga $620 juta pertahun dalam proses produksi di industri gandum.

Sementara University of Sydney kini sedang mengembangkan proyek untuk menumbuhkan pohon-pohon yang dapat menghasilkan buah-buahan dengan “dua dimensi” agar mudah diidentifikasi jenisnya oleh robot saat musim panen.

Menurut Profesor Wyeth, jangka panjang dalam penggunaan robot ini memiliki potensi untuk mengubah wajah industri pertanian di Australia.

 

Sumber :

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2013-06-12/robot-ubah-wajah-industri-pertanian-australia/1144754

Permanent link to this article: http://kampungrobot.com/2013/06/robot-ubah-wajah-industri-pertanian-australia/

Leave a Reply

Switch to our mobile site

%d bloggers like this: